Word up solutions Word Trek answers Goldfish Word Trek answers Ostrich Word Trek answers Lion Word Trek answers Pigeon Word Trek answers Odus Word Trek answers Greendor
Sanggara Utti - SEMPUGI
Kuliner

Sanggara Utti

Written by rudyasho
pisang goreng

sanggara

pisang goreng“sanggara” sapaan akrab untuk pisang goreng khususnya diwilayah sulawesi bagian selatan, ini merupakan makanan yang kadang menjadi andalan serta favorite bagi banyak orang. Sanggara adalah suguhan yang paling sering saya temui di kampung, saat bertamu atau saat menikmati. Akan terasa lebih nikmat jika ini disandingkan dengan kopi atau teh panas. Makanan ini sudah sangat terkenal, selain mudah, murah, dan bahan-bahannya mudah didapatkan, “Loka/Unti” sebagai bahan utama mengandung banyak nilai gizi dan vitaminnya tinggi, seperti vitamin A, vitamin B seperti thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6 dan asam folat, juga mengandung vitamin C.

Selain itu terdiri dari mineral mulai dari kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan dan zat besi.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, membuat sanggara harus bekerja extra untuk mempertahankan eksistensinya dan bertarung habis-habisan dengan makanan modern yang cepat saji lainnya. Ditambah lagi kecenderungan beberapa masyarakat yang mulai gengsi dan takut dikatakan kampungan sehingga sanggara kurang dilirik.

Menurut kisah kisah orang terdahulu, pisang memang kadang dijadikan sebagai makanan pengganti Nasi, karena bisa digolongkan dalam kategori makanan berat. Sehingga pada masa masa dulu, saat minyak dan proses menggoreng masih susah, kadang pisang dibakar terlebih dahulu, ini pula yang sekarang beradaptasi menjadi pisang epe’. Dan terus mengalami perkembangan, pisang epe’ sendiri sudah mulai bermunculan beraneka macam pilihan rasa, seperti pisang rasa durian.

Begitupun Sanggara yang mempunyai banyak jenis yang saya ketahui, seperti sanggara peppe, dampo, poca-poca, dadar, dan lain-lain. Ini pula yang diolah mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti trand masa kini, sehingga sudah mulai muncul variasi-variasi sanggara yang baru seperti sanggara cokelat, keju, sanggara madu, Nugget, dan lain sebagainya.

About the author

rudyasho

Adventurer

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.