Word up answers Word Trek answers Honeybee Word Trek answers Turtle Word Trek answers Deer Word Trek answers Parrot Word Trek answers Kabbige Word Trek answers Prism
Rusli, Pemain Gendang nomor wahid di Wajo – SEMPUGI

Rusli, Pemain Gendang nomor wahid di Wajo

In Profil, Tokoh

Lelaki yang bernama asli Muhammad Rusli ini, terjun dibidang seni musik tradisional sejak tahun 1992. Lahir di Sengkang tahun 1977, melalui beragam tantangan . Akhirnya bergabung sanggar seni Teko 1995 sebagai pemain gendang.

Semasa SD, suka mengumpulkan kaleng bekas untuk dimainkan sebagai alat musik perkusi. Sempat ditegur oleh nenenda tercinta, “Jangan ribut, nanti kamu jadi pemain gendang”. Walhasil sekarang, menjadi pemain gendang nomor satu di Kabupaten Wajo.

segi

Spesialis alat musik perkusi dan gendang ini, menguasai semua jenis pukulan gendang. Bahkan pukulan gendang yang paling sulit misalnya genrang bissu untuk mengiringi bissu dan genrang pamenca, genrang labobo pada acara pesta adat,  serta genrang lalo pada acara acara ritual adat.

Sering mewakili Kabupaten Wajo pada even Budaya. Seperti Festival Keraton di Kutai, Gowa, dan Buton, Festival Tari se-Indonesia Timur, Kemah Seni di Somba Opu, Makassar. Festival Seni Tradisional di Makassar. Festival Budaya Serumpun di Makassar. Acara Sempugi di Barru. Serta Festival Seni Budaya di Taman Ismail Marzuki mewakili etnis Bugis.

Menggagas musik kolaborasi modern dan tradisional bersama Sanggar Tomaradeka di tahun 1999. Kemudian ditampilkan pada acara pernikahan dan lomba-lomba. Aktif dalam dunia kesenian di Wajo, lelaki yang kerap disapa Zeckgie Boegies ini telah mendirikan tiga sanggar seni antara lain, Sanggar seni Sipakario (2009), Sanggar Seni Walida (2010) dan Sanggar Seni KMTRI (2014). Karirnya sebagai musisi dan seniman lokal Wajo, adalah buah dari “doa” nenendanya.Hingga saat ini, masih aktif sebagai seniman Wajo dan mengkader beberapa pemain gendang muda.  Bahkan guru-guru se kabupaten Wajo.

segi2

Punya cita cita agar musik tradisional tetap lestari dan tidak tergerus zaman dan musik tradisional tetap punya penikmat di era modern ini. Berharap kedepan, para stake holder lebih serius memperhatikan kelangsungan musik tradisional dan para seniman.

Nama Lengkap : Muhammad Rusli

TTL : Sengkang, 5 Mei 1977

Pekerjaan : Seniman

No Kontak : 082 345 367 890

Facebook : www.facebook/zeckgie

 

 

 

 

You may also read!

RAGAM NASI DI TANAH BUGIS

Gonjang-ganjing nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika akhir-akhir ini kembali menghantui rakyat Indonesia, gonjang-ganjing ekonomi Indonesia pada tahun 1998

Read More...

Sejarah Masuknya Islam Di Tana Luwu

Pada Suatu malam Maddika Bua Tandi Pau bermimpi meliahat 3 buah matahari terbit disebelah timur Bua, dengan sinarnya yang

Read More...

Seminar Budaya Wajo

Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, bekerjasama dengan Komunitas Pencinta Budaya (KOPI Budaya), mengadakan Seminar Pendidikan Budaya Lokal. Kegiatan Seminar ini

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu